Menejer pemasaran sering menghadapi masalah kurangnya informasi untuk mengambil sebuah keputusan sehingga harus menerapkan proses penyelesaian masalah yang sistematis. Keputusan secara sistematis diambil oleh menejer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidak pastian terutama menyangkut masalah penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi
- Tugas-tugas manajemen pemasaran
Tugas manajemen pemasaran yaitu bagaimana proses manajemen dijalankan untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan kebutuhan pasar yang masih ada merupakan kesempatan pemasaran . Tugas manajemen pemasaran dimulai jauh sebelum produk dihasilkan dan tidak akan berhenti sampai produk terjual, tugas tersebut seperti:
- Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
- Mengembangkan konsep produk
- Menguji berlakunya konsep produk
- Membuat design produk
- Mengembangkan pembungkusan dan merk
- Menetapkan harga
- Mengatur distribusi
- Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif
- Memeriksa penjualan
- Memperhatikan kepuasan konsumen
- Memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran
Proses strategis adalah suatu proses manajemen yang menganalisa kesempatan pasar dan memilih posisi, program dan mengendalikan pemasaran yang menciptakan dan mendukung bisnis – bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran perusahaan, yaitu :
- analisa kesempatan pasar
- perencanaan
- Proses manajemen pemasaran
- PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN
Menejer pemasaran sering menghadapi masalah kurangnya informasi untuk mengambil sebuah keputusan sehingga harus menerapkan proses penyelesaian masalah yang sistematis. Keputusan secara sistematis diambil oleh menejer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidak pastian terutama menyangkut masalah penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi. Semua itu tidak terlepas dari pengaruh faktor – faktor ekstern seperti, demografi, kondisi perekonomian, kebudayaan, persaingan, dan sebagainya. Keputusan yang rasional menghendaki adanya proses keputusan yang selaras dan logis.
Metode tradisional dapat membantu sebagai pendekatannya, yang terdiri dari :
- Harus mengetahui dulu masalahnya dan mendefinisikan masalah tersebutjuga mampu untuk mengindentifikasi masalah dan kesempatan lebih awal. Informasi untuk mengambil keputusan dapat dikumpulkan dengan memonitori para pembeli
- Merumuskan berbagai alternatif penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi
- Dengan adanya suatu alternatif maka dapat dianalisa dan dinilai, jika ada kekurangan data maka menejer harus membuat anggapan – anggapan atau pendapat lain dan diadakan penyesuaian dan perubahan seperlunya untuk mengambil keputusan yang disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan dan keburukannya.
- Mengusulkan suatu penyelesaian dan menyarankan suatu rencana tindakan, meskipun kenyataannya kesempatan resiko yang dihadapi sama, tetapi kesimpulan yang diambil dapat berbeda – beda di antara para menejer
- PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX
Pengambilan keputusan hampir selalu berkaitan dengan variable – variable marketing mix. Yang utama dari marketing mix adalah pasar, karena pasar merupakan pusat perhatian untuk semua keputusan yang menyangkut marketing mix maka pasar dipakai sebagai dasar untuk menentukan macam produk, alternatif harga, promosi dan distribusi dan dapat dikatakan bahwa produk dapat memberikan akibat penting terhadap keputusan
Efektivitas marketing mix dapat dipakai sebagai syarat penting untuk menguasai pasar. Tapi pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk marketing mixnya bukanlah satu syarat mutlak yang harus dipertimbangkan untuk menghasilkan volume penjualan, tetapi faktor efektivitas pengeluaran yang menyangkut seberapa jauh efektivitas pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualannya
Biasanya marketing mix yang dipakai untuk barang konsumsi berbeda dengan marketing mix yang dipakai untuk industri. Demikian juga marketing mix untuk jasa juga sangat berbeda dengan marketing mix untuk barang. Kegiatan promosi misalnya, sedangkan barang industri lebih menekan pada personal selling daripada barang konsumsi, sedangkan barang konsumsi lebih banyak menitikberatkan pada perkiraan.
- MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN
faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektif tentang produk. Faktor tersebut adalah :
· Analisa pasar, memberikan kemungkinan pada menejer untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan para pembeli. Jadi analisa pasar membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk baru yang menguntungkan ataupun untuk mengubah, memperbaikki, dan melengkapi produk yang ada.
· Memonitor Lingkungan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada dengan sumber – sumber yang terbatas dan dipengaruhi oleh faktor – faktor lingkungan ekstern, seperti : demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan.
· Menentukan tujuan produk, tujuan produk dikaitkan dengan masalah pengembangan investasi, laba dan market share atau volume penjualan.
· Menentukan Marketing Mix, manajemen dihadapkan pada tiga masalah yang harus dipertimbangkan, yaitu :
- variabel – variabel marketing mix manakah yang harus dikembangkan untuk setiap produk yang ditawarkan ?
- pertimbangan yang ketiga adalah mengembangkan usaha pemasaran keseluruhan untuk produk tersebut ?
- Penerapan keputusan – keputusan marketing mix, keputusan ini dapat dilaksanakan dengan menentukan :
- tugas apa yang harus dilaksanakan ?
- siapakah yang melaksanakan tugas tersebut ?
- mengapa tugas tersebut dilaksanakan ?
- bagaimana tugas tersebut dilaksanakan ?
- kapan tugas tersebut dilaksanakan ?
- dimana tugas tersebut dilaksanakan ?
- Mengadakan prosedur pengawasan, ada lima tahap system pengawasan, yaitu :
- memilih krietria pengawasan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan produk tertentu
- pengukuran kriteria, harus dapat diukur dalam berbagai macam situasi secara rasional
- penentuan standard kerja dan jangka waktu pencapaiannya, missal ditentukan standard kerja untuk produk X market sharenya 20 % untuk bulan Januari
- memonitor kejadian, apakah standard yang telah ditentukan dapat dicapai. Cara yang dapat dipakai dengan observasi langsung atau menganalisa data konsumen
- membandingkan hasil dengan standard, kalau hasil yang dicapai telah memenuhi standardnya, berarti baik. Tetapi jika hasil yang dicapai tidak memenuhi standard, maka perlu dianalisa lebih lanjut mengapa tujuan tersebut tidak tercapai, mungkin disebabkan karena penetapan standardnya keliru. Oleh karena itu perlu dianalisa kembali dari awal
- STRATEGI PEMASARAN
- Apakah perencanaan strategi itu?
- Perencanaan strategi pemasaran adalah bagaiamana cara dapat menemukan berbagi peluang menarik dan menyusun strategi yang menguntungkan
- Strategi pemasaran(Marketing strategy) adalah gambaran besar mengenai hal yg akan dilakukan oleh suatu perusahaan di suatu pasar
A. Menyusun bauran pemasaran untuk pasar target
Empat “P” yang membentuk bauran untuk pasar target :
- Produck (produk) – barang atau jasa untuk kebutuhan target
- Place (tempat) – meraih target
- Promotion (promosi) – memberi tahu dan menjual kepada pelanggan
- Price (harga) – menetapkannya secara benar
B. Wilayah Keputusan Strategi dalam Empat-P
• Pruodk > Barang berwujud, Jasa, Fitur, Manfaat, Level, Accesoris, Pemasangan, Intruksi, Garansi, Lini produk, Kemasan, Merek.
• Tempat > Tujuan, Jenis Aluran, Paparan Pasar, Jenis Perantaran, Jenis dan Lokasi Toko, Cara Pengantaran dan Penyimpanan, Tingkat Pelayanan, Prekrutan perantara, Pengelolahan Saluran.
• Promosi > Campuran Promosi: Jenis, Jumlah, Pemilihan, Pelatihan, Motikasi, Iklan :Target Jenis Iklan Jenis Media Penulisan Teks Disiapkan Oleh Siapa, Promosi Penjualan, Publisitas.
• Harga > Tujuan, Fleksilibitas Tingkatan pada keseluruhan siklus hidup produk, Masalah geografis, Diskon, Penambahan dan pengurangan harga.
C. Rencana pemasaran merupakan panduan untuk implementasi dan pengelohan
· Rencana pemasaran mengisi strategi pemasaran
· Implementasi membuat rencana bekerja
· Kendali adalah analisis dan perbaikan yang telah anda lakukan
· Semua tugas pemasaran membutuhkan rencana dan kendali
· Beberapa rencana menyusun program rencana pemasaran
D. Elemen-elemen program pemasaran suatu perusahaan
E. Program pemasaran harus membangun ekuitas pelanggan
· Keuntungan yang diharapkan bergantung pada ekuitas pelanggan
· Pemilik mengharapakan keuntungan finansial
· Pertumbuhan profit dari pelanggan
· Masing – masing strategi pemasaran memberi kontribusi terhadap ekuitas pelanggan
· Bagian – bagian dari suatu program pemasaran harus kerja secara keseluruhan
· Perencanaan untuk masing – masing strategi membutuhkan kehati – hatian
F. Pentingnya perencanaan strategi pemasaran
· Rencana strategi yang baik bila dilaksanakan buruk masih bisa mendapatkan keuntungan:
· Rencana yang buruk namun diimplementasikan dengan baik dapat membuat rugi
· Perencanaan Strategi kreatif yang dibutuh untuk bertahan adalah berfokus pada “praktik terbaik”untuk hasil yang lebih baik
G. Apakah yang disebut dengan peluang yang menarik?
· Peluang terobosan baru adalah yang terbaik
· Setidaknya dibutuhkan keunggulan kompetitif
· Hindari pemasaran kena atau meleset dengan suatu proses yang logis
H. Jenis peluang yang harus diincar
· Rencana strategi yang baik bila dilaksanakan buruk masih bisa mendapatkan keuntungan:
· Rencana yang buruk namun diimplementasikan dengan baik dapat membuat rugi
· Perencanaan Strategi kreatif yang dibutuh untuk bertahan adalah berfokus pada “praktik terbaik”untuk hasil yang lebih baik
I. Apakah yang disebut dengan peluang yang menarik?
· Peluang terobosan baru adalah yang terbaik
· Setidaknya dibutuhkan keunggulan kompetitif
· Hindari pemasaran kena atau meleset dengan suatu proses yang logis
J. Jenis peluang yang harus diincar
Pengembangan Paduan-Paduan Pemasaran untuk Target Pasar Ada banyak cara yang memungkinkan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang menjadi target. Akan tetapi sebenarnya ada empat variable dasar dalam paduan pemasaran yang disebut 4Ps. 4Ps yang merupakan bagian utama dari paduan pemasaran adalah product (produk), place (tempat), promotion (promosi) dan price (harga). Pelanggan ( C ) bukan bagian dari paduan pemasaran melainkan target dari semua pemasaran.
0 komentar:
Posting Komentar