Strategi promosi dan periklanan

on Rabu, 28 Desember 2011
Pengertian Komunikasi Pemasaran
komunikasi pemasaran adalah Satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas lembaga atau produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan.
 

 Proses Komunikasi


  • Pelaku Komunikasi

Pengirim ( sender) adalah komunikator yang menyampaikan pesan. Penerima (receiver) adalah pihak penerima komunikasi
  •  Material Komunikasi
-Gagasan: adalah materi pokok yang hendak disampaikan pengirim.
-Pesan (Message): Himpunan berbagai simbol (oral,   verbal, atau non Herbal) dari suatu   gagasan. Pesan hanya dapat dikomunikasikan melalui suatu media
-Media: adalah pembawa (transporter) pesan komunikasi.
-Response: adalah Reaksi pemahaman atas pesan yang diterima oleh penerima.
-Feed-back: adalah pesan umpan-balik dari sebagian atau keseluruhan respons yang dikirim kembali oleh penerima
-Noise:  adalah gangguan atau hambatan dalam proses komunikasi
  • Proses Komunikasi
Proses penyampaian pesan (dari pengirim kepada penerima) ataupun sebaliknya, akan menerima 2 kegiatan yaitu encoding (Fungsi mengirim) dan decoding (fungsi menerima)

Tujuan komunikasi
1. Menyebarkan informasi (Komunikasi informatif). Misalnya tentang produk, harga, distribusi, dsb.
2. Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen pesaing untuk beralih merk.
3. Mengingatkan audien untuk melakukan pembelian ulang (komunikasi mengingatkan kembali)

Pentingnya Komunikasi yang efektif
Komunikasi dan Interaksi yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing – masing individu untuk memperoleh hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kelanjutan hidup mereka. Bila sasaran komunikasi dapat diterapkan di dalam suatu organisasi atau perusahaan , maka sasaran yang dituju pun akan beraneka ragam tetapi tujuan utamanya tentulah untuk mempersatukan individu – individu yang tergabung di dalam organisasi atau perusahaan tersebut . Berdasarkan sifat komunikasi dan jumlah komunikasi. 

Karenna pentingnya komunikasi yang efektif, maka perencanaan komunikasi pemasaran harus dipertimbangkan dengan baik:
1. Penetapan tujuan dan respons komunikasi
2. Penentuan sasaran komunikasi (target audiens)
3. Rancangan pesan dan media komunikasi
4. Pengembangan promotional mix
5. Penyusunan anggaran
6. Evaluasi dan pengendalian komunikasi

Faktor Komunikasi yang efektif:
komponen pesan:
  • Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa menarik perhatian komunikan
  • Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti.
  • Pesan harus mampu membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
  • Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan tadi yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat ia digerakan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki
Periklanan
Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Media iklan primer dan media iklan skunder
  • Media iklan primer adalah media iklan yang menjadi media utama yang diandalkan dalam mengkampanyekan produk.
  • media iklan sekunder adalah media iklan yang bersifat menunjang atau melengkapi dari media primer yang sudah dipilih.
Memilih pedia pemasangan iklan
1. Memutuskan jangkauan, frekuensi dan dampak
2. Memilih jenis media utama
3. Memilih sarana media khusus
4. Memutuskan penentuan waktu media

Bauran Periklanan
  • Istilah yang digunakan untuk mengkombinasikan berbagai media periklanan untuk mendapatkan dampak yang lebih efektif.
  • Kombinasi media iklan dapat dipilih dan disesuaikan dengan psikologi konsumen.
  • Kombinasi media iklan juga bisa berfungsi untuk menekan pengeluaran belanja iklan dengan hsil yang tetap maksimal.
Iklan media cetak

Koran, Majalah,Tabloid
Karakteristik media cetak: Terbit harian, mingguan, bulanan : bisa menayangkan iklan
Secara berturut-turut.

 
Kedalaman liputan : iklan dapat bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang jika
Memang diperlukan.


Bersifat massal : koran dibaca oleh sebagian besar masyarakat dan tidak mewakili kelas tertentu.
Majalah dan tabloid memiliki pembaca yang mempunyai minat khusus.


Fleksibel : Dapat dibaca dimana saja dan kapan saja.


Kelemahan media cetak

  Masa hidup yang singkat.
  Resiko cetakan buruk dan ksalahan cetak.
  Medium pasif.
  Medium statis.
  Membutuhkan minat baca dari konsumen.

Media Radio

karakteristik iklan radio:
  • Waktu transmisi tak terbatas.
  • Lebih interaktif dengan suara manusia dan musik.
  • Dapat mewakili emosi tertentu.
  • Pendengar cenderung lebih santai saat mendengar radio daripada membaca koran atau majalah.
  • Radio menjadi teman setia pendengar.
  • Emosi pesan disesuaikan dengan regional tertentu.
  • Dapat membeli jam siar tertentu sehingga bisa beriklan lebih maksimal

0 komentar:

Posting Komentar