Sumber
Daya Ekonomi
Sumber
daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang
wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam,
yaitu:
1. Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang
disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
2. Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia
baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi. Contoh:
Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan
perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa
menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat
oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu
kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku, mixer, dll
Konsumen
memiliki 3 sumber daya utama dalam proses pertukaran yang mereka gunakan dan
melalui proses ini pemasar memberikan barang dan jasa, yaitu:
1.
Sumber Daya Ekonomi
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki
baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors)
maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta
dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain.
2.
Sumber Daya Temproral / sementara
·
Waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen
·
Karena
konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat
pribadi yaitu waktu senggang
·
Sumber
daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut
barang waktu ( time goods)
1. Barang yang menggunakan waktu
Produk yang memerlukan pemakaian
waktu dalam mengkonsumsinya, contoh menonton tv
2. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu
memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh : Fast food
3. Sumber Daya Kognitif
Merupakan kemampuan untuk
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logais dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas
mental yang tersedia untuk berbagai kegiatan pengolahan informasi.
Pengetahuan
Pengetahuan
konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan
Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu:
1.
Pengetahuan Produk
Merupakan
kumbulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi
katagori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga
produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis
Pengetahuan Produk:
a. Pengetahuan tentang karakteristik atau
atribut produk
b. Pengetahuan tentang manfaat produk
c. Pengetahuan tentang kepuasan yg
diberikan produk kepada konsumen
2.
Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan
pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen
cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja,
karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku
Membeli:
·
Store
Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
·
Product
Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan
membawanya ke kasir.
·
Transaction:Konsumen
akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat
pembayaran lainnya.
3.
Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan
memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau
dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi
produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi
yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumensumber:
http://rizkiamaliafebriani.wordpress.com/2013/01/04/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan-terhadap-perilaku-konsumen/
0 komentar:
Posting Komentar